KEUNGGULAN
PROGAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
Program
Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang
merupakan salah satu program studi di antara empat program studi yang ada di
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Visi, Misi dan tujuan program
Studi mengacu pada Fakultas dan Universitas. Kurikulum berbasis kompetensi yang
ada dirumuskan untuk mencapai target Visi, Misi dan Tujuan tersebut. Struktur
organisasi program studi terdiri dari Ketua dan Sekretaris Program Studi yang dilengkapi
unsur pelaksana program studi yaitu Kepala Laboratorium, Koordinator
Minat/Konsentrasi, tenaga Perpustakaan, Koordinator Penelitian & Pengabdian
Masyarakat dan Tata Usaha. Jumlah dosen program studi sebanyak 31 orang
(terdiri dari 23 orang Dosen Tetap Program studi, dan 8 orang Dosen Tidak
Tetap). Berdasarkan jenjang pendidikannya terdiri dari 1 orang Profesor, 6 orang Doktor (5 orang
tetap dan 1 dosen Tidak Tetap, 24 orang lulusan strata 2, dengan jumlah mahasiswa
aktif pada tahun akademik 2007/2008 sebanyak 320, rasio dosen dan mahasiswa
adalah 1 : 10.
Suasana akademik sangat kondusif dengan fasilitas milik sendiri dan seluruh aktivitas proses belajar mengajar (PBM) berlangsung lancar. Sarana dan prasarana sangat lengkap, sehingga sangat mempengaruhi kegiatan PBM. Dosen-dosen yang mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang masing-masing dan mempunyai pengalaman yang memadai, sehingga penerapan strategi dan metode mengajar sudah baik. Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan perkuliahan dan aktivitas intra maupun ekstra kampus. Sistem evaluasi akademik telah dilakukan melalui Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA) Universitas Muhammadiyah Malang dan Program Studi. Rekruitmen mahasiswa baru sudah dilakukan melalui sistem yang baik yaitu dengan tes tertulis berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris serta test wawancara. Rekruitmen dilakukan di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT-PMB) Universitas Muhammadiyah Malang. Namun yang menjadi persoalan calon mahasiswa baru program studi Ekonomi Pembangunan cenderung menurun.
Suasana akademik sangat kondusif dengan fasilitas milik sendiri dan seluruh aktivitas proses belajar mengajar (PBM) berlangsung lancar. Sarana dan prasarana sangat lengkap, sehingga sangat mempengaruhi kegiatan PBM. Dosen-dosen yang mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang masing-masing dan mempunyai pengalaman yang memadai, sehingga penerapan strategi dan metode mengajar sudah baik. Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan perkuliahan dan aktivitas intra maupun ekstra kampus. Sistem evaluasi akademik telah dilakukan melalui Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA) Universitas Muhammadiyah Malang dan Program Studi. Rekruitmen mahasiswa baru sudah dilakukan melalui sistem yang baik yaitu dengan tes tertulis berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris serta test wawancara. Rekruitmen dilakukan di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT-PMB) Universitas Muhammadiyah Malang. Namun yang menjadi persoalan calon mahasiswa baru program studi Ekonomi Pembangunan cenderung menurun.
Kegiatan
penelitian dosen dan mahasiswa sudah banyak, baik yang didanai Universitas,
DIKTI maupun dari lembaga instansi lain.
Hasil penelitian diseminarkan dan dipublikasikan melalui jurnal ilmiah
maupun http://digilib.umm.ac.id. Kegiatan pengabdian pada masyarakat juga sudah
baik, baik yang didanai oleh internal UMM, DIKTI maupun kerjasama dengan DIKNAS
dan Menpora. Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder,
program studi Ekonomi Pembangunan menggunakan fasilitas teknologi informasi
yang disediakan oleh universitas, yaitu dalam bentuk akses internet dan
intranet. Melalui akses internet ini, telah dilakukan sentralisasi pengelolaan
administrasi akademik yaitu dengan program Manajemen Administrasi Akademik
(MAA). Dengan menggunakan MAA tersebut pelayanan administrasi akademik dapat
ditingkatkan. Selain itu juga ada fasilitas digital library yang
memudahkan pencarian informasi ilmiah
dari beberapa sumber perguruan tinggi yang tergabung dalam Indonesian Digital
Library Network (IDLN).
Dalam mewujudkan visi,
misi dan tujuan program studi Ekonomi Pembangunan, strategi yang dilaksanakan
adalah :
- Mengembangkan secara optimal laboratorium jurusan dalam rangka menghasilkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan kompetetif dibidang Industri dan Perbankan serta Perencanaan Pembangunan.
- Perbaikan secara berkelanjutan aktifitas pengajaran-pembelajaran melalui pengembangan dan evaluasi kurikulum, pengembangan metodik pengajaran dan pembelajaran yang berbasis pemanfaatan multimedia dan kemapanan pengukuran kualitas akademik serta adanya jaminan kualitas mutu akademik.
- Peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pengembangan keahlian entrepreneur, perbaikan dan kelancaran berbahasa inggris, mengintensifkan kegiatan ko-korikuler dan meningkatkan keterlibatan dalam event-event regional nasional dan aktifitas ilmiah internasional.
- Meningkatkan kapabilitas dan komitmen staff/dosen melalui inovasi pendidikan akademik dan peningkatan kompetensi keilmuan melalui peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat ,kinerja laboratorium jurusan serta studi lanjut.
- Menguatkan fasilitas kinerja laboratorium dan perpustakaan untuk mendukung penguatan secara profesional keahlian dibidang industri dan perbankan serta perencanaan pembangunan.
- Meningkatkan kualitas mahasiswa dengan mengundang, mengirim mahasiswa yang berkualitas pada berbagai event, baik regional maupun nasional.
- Memperbaiki dan meningkatkan kemampuan akademik profesional dengan mendatangkan bantuan teknik yang memadai, melakukan serangkaian sarasehan konferensi, seminar dan workshop dan meningkatkan sejumlah media publikasi.
- Meningkatkan penguatan relevansi melalui kolaborasi antara Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan sektor swasta dan sector lainnya melalui pengembangan aktifitas profesional, on the job training, aktifitas-aktifitas pelatihan secara bersama dan melanjutkan pendidikan alumni.
- Secara aktif dan progresif mencari sumber-sumber dana eksternal guna peningkatan kualitas efektifitas pembelajaran dan penelitian dosen yang berkolaborasi dengan instansi eksternal, serta melibatkan mahasiswa dalam sejumlah penelitian dan pengabdian dosen.
Sumber :
http://iesp.umm.ac.id/home.php?c=0202071001-2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar